10 Peralatan Keselamatan Laboratorium Teratas untuk Laboratorium Anda | Labkafe

Mengapa kita memerlukan peralatan keselamatan laboratorium
Untuk beroperasi di laboratorium, Anda harus membuatnya aman terlebih dahulu. Tanpa menyediakan peralatan keselamatan laboratorium, Anda berisiko tinggi mengalami kecelakaan yang mengerikan. Berikut adalah daftar peralatan keselamatan laboratorium dan mengapa Anda memerlukannya. Peralatan tersebut merupakan peralatan keselamatan penting untuk laboratorium Anda.

Laboratorium pada dasarnya adalah tempat yang berbahaya. Ada perangkat seperti pembakar Bunsen dengan api terbuka yang dioperasikan dengan gas, ada asam dan basa korosif, ada peralatan berpegas yang dapat mengenai orang, ada peralatan tajam yang mudah melukai tangan Anda dan menyebabkan infeksi ‒ dan masih banyak lagi.

Karena semua ini (dan masih banyak lagi) menjadikan laboratorium sebagai tempat yang berisiko, cara terbaik adalah berinvestasi dalam peralatan keselamatan laboratorium sejak dini. Saat membeli peralatan laboratorium, Anda harus menambahkan peralatan keselamatan laboratorium penting berikut ke daftar pesanan Anda. Peralatan tersebut akan memastikan tindakan tepat waktu dari pihak Anda untuk menyelamatkan siswa dan karyawan Anda dari bahaya serius akibat kecelakaan terkait laboratorium.

Daftar 10 Peralatan Keselamatan Laboratorium Teratas

Peralatan Keselamatan Laboratorium 1

  1. Sarung tangan laboratorium untuk mahasiswa
    Lindungi tangan Anda dengan sarung tangan sekali pakai! Sebagian besar zat yang Anda tangani di laboratorium berbahaya ‒ zat tersebut dapat bersifat korosif atau mencemari. Percayalah, Anda TIDAK ingin benda-benda ini menyentuh kulit telanjang Anda. Mengenakan sarung tangan laboratorium adalah cara yang sangat baik untuk mencegahnya dan bekerja dengan zat beracun atau korosif dengan aman. Setelah digunakan, pastikan Anda membuangnya di tempat pembuangan yang tepat yang ditandai untuk zat berbahaya.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 2

  1. Kacamata pengaman
    Mata Anda mungkin merupakan organ tubuh yang paling berharga dan Anda TIDAK ingin ada sesuatu yang berbahaya di dekat mata Anda. Kacamata laboratorium untuk mahasiswa melindungi mata mereka dari percikan bahan kimia dan zat lain yang keluar. Kacamata tersebut cukup sederhana, murah, dan berukuran satu ukuran untuk semua orang. Jadi, wajibkan semua orang untuk mengenakan kacamata pengaman di dalam laboratorium.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 3

  1. Pencuci mata
    Sejalan dengan sebelumnya ‒ bagaimana jika Anda tidak mengenakan kacamata dan ada sesuatu yang masuk ke mata Anda? Larilah ke tempat pencuci mata terdekat dan biarkan air membasahi mata Anda. Ini adalah pertolongan pertama tercepat jika terjadi cedera mata di laboratorium. Air bertekanan tinggi akan melarutkan bahan kimia atau zat yang masuk, dan membersihkan area yang terluka.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 4

  1. Lemari asam
    Sering kali Anda melakukan beberapa eksperimen yang berpotensi berbahaya di laboratorium kimia Anda. Sesuatu yang mengeluarkan asap busuk dan beracun, atau sesuatu yang dapat memercik atau bahkan meledak. Lakukan eksperimen ini di dalam lemari asam. Lemari asam ini memiliki mekanisme internal untuk menyedot asap berbahaya dari pengguna, dan kaca keras di bagian depan untuk melindungi dari cipratan atau luka bakar yang tidak disengaja.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 5

  1. Masker Sekali Pakai
    Yang ini sudah jelas. Laboratorium memiliki gas berbahaya dan partikel beracun di udara serta cairan yang dapat memercik dan mengenai wajah cantik Anda. Kenakan masker bedah atau lebih baik lagi, masker N95 untuk melindungi sebagian besar wajah Anda dan bernapas lebih baik.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 6

  1. Alat Pemadam Kebakaran
    Karena laboratorium sering kali berhadapan dengan api, sudah seharusnya Anda memerlukan setidaknya satu alat pemadam kebakaran di laboratorium Anda. Letakkan di bagian laboratorium yang mudah diakses, dan latih semua orang untuk menggunakannya jika terjadi kebakaran. Anda dapat menggunakan alat pemadam kebakaran berbahan dasar air, busa, atau kimia basah.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 7

  1. Peralatan P3K
    Luka kecil, memar, dan luka bakar adalah hal-hal umum yang dilihat instruktur laboratorium hampir setiap minggu. Tidak masuk akal untuk berlari ke ruang perawat setiap kali jari Anda berdarah. Namun, luka harus dibersihkan, disinfeksi, dan diobati, atau hal sederhana seperti sayatan pisau bedah dapat berubah menjadi gangren dan mungkin juga kehilangan anggota tubuh. Jadi, simpanlah kotak berisi losion antiseptik, perban, gunting, pinset, plester siap pakai, pembersih tangan, salep antibiotik, krim luka bakar, dll. di laboratorium Anda setiap saat.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 8

  1. Jas lab
    Meskipun Anda tidak memerlukan pakaian hazmat lengkap untuk bekerja di laboratorium sekolah dan perguruan tinggi, Anda tetap memerlukan perlindungan tubuh secara menyeluruh ‒ setidaknya untuk melindungi pakaian dan kulit yang terbuka. Jas lab polos, murah, dan mudah dirawat. Hal ini menjadikannya salah satu peralatan keselamatan laboratorium terbaik untuk tingkat sekolah, perguruan tinggi, dan institut.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 10

  1. Pancuran pengaman
    Kecelakaan cipratan adalah yang paling umum terjadi setelah kebakaran di laboratorium kimia. Saat Anda terkena cipratan bahan kimia dalam jumlah besar, solusi terbaik adalah segera menyiramkan banyak air ke tubuh Anda. Pancuran pengaman bekerja dengan sangat baik dalam situasi seperti ini. Saat Anda terkena cipratan, segera lari ke pancuran dan cabut kabelnya.

Peralatan Keselamatan Laboratorium 11

  1. Lemari penyimpanan pengaman
    Orang-orang pada umumnya tidak menganggap lemari penyimpanan sebagai solusi keselamatan ‒ tetapi jika Anda memikirkan sifat manusia, hal itu masuk akal.