Panduan Postur di Laboratorium

Selalu periksa posisi kerja Anda saat menggunakan komputer. Untuk menghindari ketidaknyamanan yang tidak perlu, pastikan prinsip-prinsip utama berikut ini diterapkan.

Posisi Leher Netral
Saat melihat pekerjaan Anda, jaga leher Anda dalam posisi netral atau sejajar. Posisikan monitor tepat di depan Anda untuk menghindari memutar leher ke samping.

Posisikan monitor sehingga Anda tidak perlu menekuk leher ke atas atau ke bawah untuk melihat layar. Sepertiga bagian atas layar harus sejajar dengan mata Anda saat duduk.

Letakkan monitor setidaknya 20 hingga 30 inci dari Anda (sedikit lebih dari panjang lengan). Sesuaikan sesuai kebutuhan untuk kenyamanan visual Anda.

Jika Anda harus menggunakan telepon bersamaan dengan komputer, gunakan headset. Jangan pernah mencoba memegang gagang telepon di antara bahu dan telinga Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan gagang telepon, posisikan telepon dekat dengan Anda untuk menghindari jangkauan yang berlebihan.
Tulang Belakang yang Ditopang
Letakkan kaki Anda rata di lantai atau di sandaran kaki jika perlu.
Kursi Anda harus memberi Anda dukungan punggung yang baik. Maksimalkan kontak punggung Anda dengan sandaran kursi menggunakan penyesuaian kursi atau bantalan sesuai kebutuhan.
Atur sandaran punggung sedikit miring. Sekitar 100-110 derajat di bagian pinggul.
Jika kursi Anda memiliki mekanisme sandaran aktif, gunakan mekanisme tersebut untuk mengubah posisi Anda sepanjang hari.
Sandaran tangan berguna. Namun, tinggi dan lebar sandaran tangan harus disesuaikan agar lengan dan bahu Anda berada dalam posisi rileks.
Sesuaikan kedalaman tempat duduk untuk menopang paha Anda. Sisakan sedikit ruang antara tepi kursi dan bagian belakang lutut Anda.
Posisi Lengan/Tangan
Papan ketik dan tetikus harus diletakkan setinggi siku. Tinggi siku adalah saat lengan atas Anda rileks dan berada di samping. Siku akan ditekuk pada sudut 90 hingga 110 derajat, dan pergelangan tangan lurus dan sejajar.
Jika Anda tidak dapat menyesuaikan tinggi papan ketik, angkat kursi dan gunakan sandaran kaki. Jika Anda memiliki peralatan duduk/berdiri, pindahkan ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan. Jika Anda duduk dalam posisi tegak, keyboard Anda harus diletakkan dalam posisi sedikit miring negatif sehingga pergelangan tangan dapat diletakkan dalam posisi sejajar atau netral.
Tangan Anda harus sedikit lebih rendah dari siku dengan jari-jari mengarah ke lantai. (Catatan: Jika Anda bersandar di kursi, Anda mungkin tidak perlu memiringkan keyboard. Periksa kesejajaran pergelangan tangan Anda, lalu atur sudut keyboard sesuai kebutuhan. Postur duduk Anda akan memengaruhi cara Anda menyesuaikan keyboard dan perangkat penunjuk.)
Jika Anda menggunakan baki keyboard, baki tersebut harus cukup lebar untuk perangkat penunjuk Anda.
Jika Anda menggunakan penyangga telapak tangan, gunakan penyangga tersebut untuk menopang telapak tangan Anda hanya saat berhenti sejenak di antara pengetikan. Jangan letakkan pergelangan tangan Anda di atas penyangga dan putar pergelangan tangan Anda dari satu sisi ke sisi lain untuk mengetik. Hal ini akan menambah ketegangan pada pergelangan tangan Anda.
Mouse Anda harus diposisikan dalam jangkauan yang mudah. ​​Jangkauan yang terlalu jauh dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bahu dan/atau lengan. Jika Anda mengulurkan tangan untuk menggunakan mouse, angkat mouse di atas alas mouse busa tebal. Alas mouse tebal dapat diminta di sini.